Anda belum login :: 23 Nov 2024 03:57 WIB
Detail
BukuJENIS PARENTAL MEDIATION YANG DIGUNAKAN ORANGTUA PADA ANAK USIA DINI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID 19
Bibliografi
Author: Gladysca, Gabriela ; Pristinella, Debri (Advisor)
Topik: parental mediation; anak usia dini; pembelajaran jarak jauh; Covid-19
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2022    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Pandemi Covid-19 yang terjadi pada awal tahun 2020 sangat berdampak bagi para pendidik dan anak usia dini dalam mengembangkan pembelajarannya. Hal ini dikarenakan munculnya aturan pemerintah yang mewajibkan setiap sekolah melakukan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). PJJ membuat gadget menjadi sebuah kebutuhan utama dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan pengawasan dari orang
tua untuk memaksimalkan manfaat positif dan meminimalisir manfaat negatif dari gadget. Usaha orang tua dalam mengatur dan mengelola penggunaan gadget anak disebut sebagai parental mediation.
Anak usia dini sedang berada pada masa golden age. Pada masa ini anak mulai peka atau sensitif untuk menerima berbagai rangsangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran parental mediation orang tua pada anak usia dini yang sedang menjalani pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara semi terstruktur kepada tiga ibu yang memiliki anak usia dini yang sedang menjalani PJJ dimasa pandemi Covid-19. Triangulasi juga dilakukan kepada suami dari masing-masing partisipan untuk meningkatkan validasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perubahan dari tipe mediasi orang tua dalam mengatur dan mengawasi penggunaan gadget anak sebelum dan selama pandemi Covid-19, yaitu active mediation dan restrictive mediation. Namun, ditemukan perubahan dalam peran ibu dalam menjalankan kesehariannya. Sebelum pandemi, ibu hanya berperan untuk mengurus anaknya, selama pandemi ibu memiliki peran tambahan untuk menemani dan menjadi pengganti guru dalam PJJ. Selain itu, orang tua juga menggunakan ketiga aspek parental mediation yaitu validasi, suplementasi, dan kategorisasi karena orang tua berfokus kepada pembentukan serta perkembangan sosioemosional anak dan perkembangan moral anak.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.28125 second(s)