Anda belum login :: 17 Feb 2025 14:12 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
SIMULASI PENGEREMAN MENDADAK TANPA ABS MOBIL PROTON PERSONA 1,6 LITER DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE MATLAB SIMULINK DAN CARSIM
Bibliografi
Author:
Haryanto, Nikko
;
Ruslan, Wegie
(Advisor);
Soewono, Arka Dwinanda
(Advisor)
Topik:
ABS
;
Proton Persona 1
;
6 Liter
;
MATLAB Simulink dan Carsim
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Sarjana Teknik Mesin Fakultas Teknik Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2022
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Nikko Haryanto_Undergraduated Theses_2022.pdf
(5.19MB;
2 download
)
201804510104_Nikko Haryanto_LembarAdministrasi.pdf
(276.78KB;
1 download
)
Abstract
Hasil produksi manufaktur mobil yang berada dalam tahap final inspection bearti telah melewati berbagai macam pengujian salah satunya yaitu pengujian pengereman dimana sistem pengereman yang terdapat pada mobil telah memakai Anti-Lock Braking System (ABS). ABS merupakan sistem yang dapat mencegah roda agar tidak terkunci pada saat pengereman dengan mengatur tekanan rem melalui sensor kecepatan yang dipasang pada roda. Pengujian pengereman dapat dilakukan dengan dua cara yaitu simulasi dengan menggunakan software dan eksperimen, tetapi masih banyak manufaktur mobil yang melakukan pengujian pengereman hanya melalui eksperimen sedangkan pengujian dengan dua cara tersebut diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa cara simulasi menggunakan software MATLAB Simulink dan Carsim, mengetahui perbedaan data antara hasil simulasi dengan hasil eksperimen, mengetahui perbedaan data antara kedua software dan mengetahui perbedaan data simulasi dengan mobil yang menggunakan ABS dan Non-ABS pada kedua software tersebut dengan metode yang dilakukan adalah simulasi dengan proses memasukan data dan melakukan pemograman dalam software MATLAB Simulink dan Carsim seperti pengaturan posisi kamera hingga prosedur simulasi. Hasil simulasi mendapatkan bahwa jarak total pengereman mobil tanpa ABS lebih pendek dari hasil eksperimen baik menggunakan software MATLAB Simulink atau Carsim dengan perbedaan sebesar 2,249 m dan 3,152 m. Namun, karakteristik mobil pada saat pengereman sama antara eksperimen dengan simulasi yang menunjukan bahwa saat pengereman, mobil menukik ke depan
Related courses
TME 500 - TUGAS AKHIR (Bacaan Anjuran)
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.15625 second(s)