Distribusi merupakan salah satu unsur dari bauran pemasaran yang penting, walaupun suatu produk memiliki keunggulan dan kualitas yang sangat baik, harga yang sangat kompetitif tetapi tidak mempunyai saluran distribusi yang baik maka keberhasilan pemasaran suatu produk tidak akan tercapai secara maksimal. Dengan kata lain proses distribusi merupakan salah satu unsur pemasaran yang terpenting guna menunjang keberhasilan pemasaran suatu produk. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti tentang strategi saluran distribusi yang dijalankan oleh PT. PASARI yang bergerak dibidang pecah belah. Metode yang dipakai adalah mencakup riset lapangan dan riset kepustakaan. PT. PASARI dalam upayanya memasarkan produk pecah belah terus berusaha meningkatkan mutu dan pelayanan dan juga menetapkan saluran distribusi yang efektif dan efisien untuk mencapai pasar sasarannya. Kesimpulan diperoleh dari hasil penelitian adalah bahwa terdapat hubungan yang kuat dan positif antara biaya saluran distribusi dengan hasil penjualan dimana kenaikan ataupun penurunan biaya saluran distribusi merupakan kenaikan atau penurunan hasil penjualannya. Selanjutnya untuk meningkatkan penjualannya, penulis menyarankan untuk menjalin kerjasama antara bagian penjualan, bagian pengiriman dan bagian pergudangan sehingga akan tercipta suatu sistem koordinasi yang baik dalam menyalurkan produk ke konsumen. |