Berkembangnya teknologi yang pesat, membawa perubahan dalam perkembangan komunikasi menjadi komunikasi yang termediasi dengan media atau biasa disebut dengan Computer Mediated Communication. Perubahan teknologi membawa perkembangan pada kemunculan media sosial yang ada di kehidupan sehari hari termasuk kemunculan Tiktok dan Instagram. Ragam media sosial yang bermunculan membuat pengguna memiliki andil untuk memilih media mana yang ingin digunakan. Hal ini sejalan dengan teori Uses and Gratification yang telah ada bahwa pengguna memiliki peran dalam memilih media mana yang ingin pengguna gunakan. Motivasi merupakan suatu hal yang mendasari pengambilan keputusan atas media mana yang ingin digunakan. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh antara Motivasi penggunaan media sosial Tiktok (X) dengan dimensi Information, Career and Personal Development, Shopping, Relaxation, Social Maintenance, Social Interaction, dan Personal Gain/profit terhadap Intensitas penggunaan media sosial Instagram (Y) dengan dimensi Social Network Sites Viewing, Posting, Liking, dan Responden. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan memperoleh data melalui penyebaran kuesioner. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat korelasi yang kuat dan pengaruh sebesar 37,3% antara motivasi penggunaan media sosial Tiktok terhadap intensitas penggunaan media sosial Instagram. Berdasarkan pengolahan data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian terbukti benar dengan menerima H1 dan menolak H0 artinya terdapat pengaruh motivasi penggunaan media sosial TikTok terhadap intensitas penggunaan media sosial Instagram. |