Kegiatan pemasaran oleh brands di Instagram mempunyai dampak terhadap citra tubuh perempuan karena model yang digunakan oleh brands cenderung merepresentasikan suatu standar kecantikan yang ada di masyarakat. Namun, brands mulai menggunakan model dengan beragam bentuk dan ukuran tubuh untuk memenuhi tuntutan konsumen di media sosial dalam beberapa tahun terakhir. Penelitian dengan metode kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara penggunaan media sosial Instagram oleh brands dan citra tubuh perempuan muda Indonesia dengan menggunakan teori Agenda Setting dan Citra Tubuh. Data diperoleh dengan cara menyebarluaskan kuesioner secara daring kepada responden menggunakan teknik nonprobability sampling, yang kemudian disortir kembali sehingga hanya yang sesuai kriteria dijadikan sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan linear antara kedua variabel, di mana variasi variabel Y mampu dijelaskan sebesar 22,3% oleh variabel X. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara penggunaan media sosial Instagram oleh brands dengan citra tubuh perempuan muda Indonesia. |