Penjualan penting untuk menunjang kegiatan dan hidup perusahaan, dan promosi sebagai salah satu faktor penunjang dari pemasaran yang cukup penting. Karena alasan itulah penulis mempelajari dan menganalisa kegiatan promosi atas penjualan pada PT. TOKO GUNUNG AGUNG. Setelah mempelajari dan menganalisa kegiatan promosi yang dilakukan PT. TOKO GUNUNG AGUNG, penulis menemukan beberapa kelemahan dari kegiatan promosi perusahaan: Lambatnya tanggapan konsumen terhadap iklan PT. TOKO GUNUNG AGUNG dan sulit meyakinkan para konsumen yang belum mengetahui produk buku-buku baru yang tersedia, serta sales promotion yang hanya berhasil pada waktu-waktu tertentu. Setelah mengevaluasi kelemahan kegiatan promosi perusahaan, penulis memberikan beberapa usulan : - Perusahaan sebaiknya menggunakan jasa biro iklan yang memiliki reputasi yang baik untuk lebih dapat menarik minat konsumen, dan perusahaan harus teliti memilih media komunikasi untuk mencapai hasil optimal. - Perusahaan harus memberikan pelayanan yang terbaik bagi para konsumen agar merasa lebih puas berbelanja di toko buku Gunung Agung. - Untuk mendorong peningkatan penjualan dan pemasaran serta kesadaran masyarakat akan adanya PT. TOKO GUNUNG AGUNG, perusahaan harus dapat meningkatkan store image konsumen melalui penampilan logo perusahaan di tempat-tempat umum dan strategis. Perusahaan perlu juga menerapkan cara berbelanja dengan menggunakan media elektronik yang kini mulai diterapkan di Indonesia. Semoga usul yang diberikan dapat bermanfaat bagi perusahaan. |