Pada masa sekarang perusahaan menghadapi problem dalam memasarkan barang dan jasa hasil produksinya, hal ini disebabkan adanya persaingan atau bisnis yang sangat ketat. Oleh sebab itu perusahaan harus memilih strategi promosi yang tepat. Secara universal materi penulisan skripsi ini mendasarkan pada manajemen pemasaran dan konsentrasi pada pembahasan variabel promosi, yaitu peranan personal selling dalam usaha meningkatkan pangsa pasar pipa miyabi pada PT. Gema Karya Abadi. Dalam melakukan penelitian ini, penulis mendapatkan data-data dengan cara mengadakan kunjungan langsung keperusahaan yang bersangkutan dan melakukan tatap muka langsung dengan pimpinan departemen yang bersangkutan, disamping itu penulis juga menggunakan data-data sekunder dari perpustakaan dalam mendukung penulisan ini. Dari hasil penelitian langsung diketahui bahwa PT. Gema Karya Abadi dalam kegiatan promosinya terdiri dari promosi periklanan, promosi penjualan, dan publisitas meskipun dengan perbandingan yang berbeda-beda. PT. Gema Karya Abadi lebih menitik beratkan pada Wiraniaga dan promosi penjualan karena kedua variabel tersebut lebih efektif dalam kaitan langsung dengan peningkatan penjualan perusahaan. Dari semua hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis pada PT. Gema Karya Abadi, maka saran yang dapat diberikan oleh penulis kepada perusahaan adalah menerapkan dengan benar Push Strategi dimana produsen miyabi melakukan aktivitas pemasarannya pada para pedagang kecil dan menciptakan program wiraniaga yang dapat menarik perhatian konsumen untuk mengadakan pembelian. |