Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, diperlukan tenaga-tenaga muda yang cerdas dan terampil dalam menunjang kemajuan bangsa, khususnya pengadan buku pelajaran dan ilmu pengetahuan yang perlu terus ditingkatkan jumlah dan mutunya. Dalam menggiatkan dan memeratakan sektor pendidikan, diperlukan suatu strategi distribusi yang tepat sehingga buku-buku tersebut dapat dengan mudah diperoleh dan digunakan. Untuk melihat begitu pentingnya kebijaksanaan saluran distribusi bagi suatu perusahaan, penulis melakukan penelitian pada PT Gramedia Pustaka Utama, Jalan Palmerah no 22-28 Jakarta. Yang merupakan industri percetakan dan penerbitan terbesar di Indonesia. Penulis melakukan analisa perbandingan antara biaya distribusi dan hasil penjualan yang dicapai perusahaan dengan menggunakan rumus test dan koefisien korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada nilai significant 0,05 dan 0,025, diperoleh hasil T observasi (to) lebih besar dari t tabel (ta ), dan diperoleh nilai sebesar 0,9777 (mendekati satu), ini berarti (Ho) ditolak dan hipotesa atternatif (Ha) diterima. Maka dapat dikatakan bahwa, korelasi antara biaya distribusi dan hasil penjualan adalah kuat dan positif. Kegiatan distribusi yang dilakukan oleh perusahaan memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap tingkat penjualan perusahaan. Saran yang dapat penulis berikan, PT Gramedia hendaknya menambah jumlah armada angkut untuk menjangkau konsumen dipelosok-pelosok daerah. |