Anda belum login :: 24 Nov 2024 01:35 WIB
Detail
BukuPeranan Promosi dalam Meningkatkan Jumlah Penumpang Angkutan Bandara Soekarno-Hatta pada Perum Damri Jakarta
Bibliografi
Author: Dewi, Sri Kusuma ; Tjiptarahadja, Himawan (Advisor)
Topik: MARKETING; Bauran Promosi; Pengaruh Promosi pada Jumlah Penumpang; Kegiatan Promosi
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 1997    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Sri Kusuma Dewi's Undergraduate Theses.pdf (2.02MB; 1 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FEM-2722
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Setiap manusia memiliki keinginan untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan dan keinginan manusia tersebut, hal ini mendorong adanya suatu perkembangan kegiatan ekonomi. Untuk menunjang perkembangan kegiatan ekonomi tersebut, perlu adanya dukungan dan sarana transportasi yang memadai, diantaranya adalah sarana transportasi darat, guna menyalurkan arus barang dan jasa dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Oleh karena itu pemerintah dalam pelaksanaannya adalah Departemen Perhubungan, dimana Perum DAMRI sebagai salah satu Badan Usaha Miliki Negara (BUMN) menyediakan angkutan umum yang bersifat khusus menuju ke Bandara Soekarno-Hatta. Untuk mengetahui adanya keberadaan sarana angkutan umum yang bersifat khusus menuju ke Bandara Soekarno-Hatta, maka peranan promosi yang terkadang terlupakan oleh pengusaha harus dilakukan. Promosi merupakan suatu variabel dari Pemasaran dan dengan promosi perusahaan mempunyai kesempatan untuk berkomunikasi dengan pengguna jasa dan dapat menginformasikan tentang produk (jasa) yang ditawarkan, sehingga dapat menarik konsumen untuk menggunakan jasa tersebut. Kegiatan promosi yang dilakukan adalah periklanan dan personal selling untuk meningkatkan jumlah penumpang. Penentuan media dan lobbying sangat efektif dalam penyampaian pesan sehingga dapat mengena pada target jumlah penumpang yang diinginkan. Untuk mengukur besar kecilnya peranan promosi terhadap peningkatan jumlah penumpang adalah dengan menggunakan Analisa Korelasi, yaitu perhitungan statistik untuk menyatakan hubungan linear antara dua variabel; untuk menghitung :
a. Hasil pendapatan dan jumlah biaya promosi, setelah diadakan perhitungan didapat hasil r = 0,96. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang kuat sekali, artinya kegiatan promosi yang dilakukan oleh perusahaan mempunyai pengaruh yang kuat terhadap kenaikan pendapatan.
b. Jumlah penumpang dan jumlah biaya promosi, setelah diadakan perhitungan didapat hasil r = 0,995. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang kuat sekali, artinya kegiatan promosi yang dilakukan oleh perusahaan mempunyai pengaruh yang kuat terhadap kenaikan jumlah penumpang. Metode penelitian yang dilakukan berupa riset kepustakaan dan riset lapangan. Riset kepustakaan diperoleh dari buku-buku, majalah dan sumber data lain. Riset lapangan diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dengan Kepala Unit dan Kepala Bagian Tata Usaha Unit Angkutan Khusus Bandara Soekarno-Hatta Perum DAMRI serta Kepala Satuan Pengawasan Intern Perum DAMRI Jakarta (Pusat). Kesimpulan yang diperoleh dari penerapan strategi promosi yang dijalankan Sub Unit Bandara Soekarno-Hatta Perum DAMRI adalah bahwa perangkat dari Bauran Promosi yang digunakan untuk saat ini cukup memadai dalam menunjang peningkatan jumlah penumpang perusahaan setiap tahun. Selanjutnya untuk mempertahankan keberadaannya sebagai salah satu perusahaan BUMN terbesar, maka disarankan agar Sub Unit Bandara Soekamo-Hatta Perum DAMRI Jakarta melakukan:
- Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), Perbaikan dibidang Pelayanan, serta Pengembangan Teknologi, misalnya: sistem penjualan karcis yang modern
- Peningkatan program-program Promosi
- Peningkatan Anggaran Biaya Promosi
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)