Dengan semakin meningkatnya tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan masyarakat Indonesia, membawa akibat positif yaitu semakin meningkatnya sikap kepedulian masyarakat Indonesia terhadap kebersihan dan kesehatan. Di lain pihak dengan bertambahnya jumlah penduduk yang cukup tinqqi menyebabkan semakin sempitnya lahan untuk tempat tinggal dan sulit mencari air bersih yang layak untuk dikonsumsi. Salah satu sikap kepedulian akan kesehatan dan juga jalan keluar dari sulitnya mendapatkan air yang layak untuk diminum, adalah mengkonsumsi air minum dalam kemasan. Oleh karena itu industri air minum dalam kemasan mengalami perkembangan yang pesat, sehingga persaingan tajam pun tidak dapat dihindari. Untuk meraih target pemasaran tidaklah mudah. Dalam situasi seperti ini peran kegiatan pemasaran sangatlah diperlukan, sehingga penulis merasa terdorong untuk memilih bidang pemasaran sebagai objek penulisan skripsi ini. Promosi merupakan berbagai kegiatan yang di lakukan oleh suatu perusahaan untuk memperkenalkan produk perusahaan kepada konsumen sasaran, membujuk mereka untuk mencobanya dan meransang pembelian ulang dari konsumen tersebut. Untuk mencapai tingkat penjualan tertentu, perusahaan dapat menggunakan elemen-elemen yang ada dalam bauran pemasaran, yaitu periklanan promosi, penjualan, publisitas dan penjualan perorangan. Dalam hal ini dengan adanya kegiatan promosi, tingkat penjualan akan meningkat sesuai dengan yang diharapkan dan mencapai laba yang seoptimal mungkin. Namun perlu dipertimbangkan apakah biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan promosi itu dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap penjualan dan sampai sejauh mana promosi itu dapat menarik perhatian konsumen sehingga mereka mau membeli produk yang ditawarkan oleh perusahaan, media promosi mana yang paling efektif ditetapkan oleh perusahaan guna menunjang peningkatan penjualan. Media promosi yang diterapkan oleh PT. Girisalak Indah adalah melalui penjualan perorangan yang ditunjang dengan promosi penjualan. Kesimpulan dari hasil analisa efektivitas kegiatan promosi, kedua elemen bauran pemasaran tersebut efektif terhadap peningkatan penjualan. |