Kebutuhan akan lemari es di Indonesia semakin meningkat, hal ini dapat dilihat dari kondisi perekonomian yang terus membaik, apalagi kalau pola konsumsi masyarakat Indonesia yang semakin baik, dan memperhatikan gizi dan kualitas dari makanan yang dikonsumsi. Ada juga yang menjadikan lemari es sebagai barang milik pribadi yang disimpan dalam kamar masing-masing. PT. Sanjaya Sakti merupakan salah satu perusahaan yang memasarkan lemari es dengan merek Sanyo, berusaha untuk menguasai peluang pasar yang ada diantara persaingan yang ketat. Strategi yang akan digunakan oleh perusahaan didalam melakukan penjualan, terutama dari sudut pandang bauran promosi yang digunakan perusahaan, menunjukkan bahwa masalah yang akan dihadapi di dalam persaingan yang sangat tajam. Berdasarkan pengukuran yang dilakukan dengan menggunakan analisa regresi hubungan antara biaya promosi dengan penjualan terlihat bahwa ada hubungan yang erat dan positip antara promosi dengan tingkat penjualan tersebut, atas dasar ini penulis dapat menarik kesimpulan bahwa promosi yang dilakukan oleh perusahaan cukup efektif. Meskipun pengukuran tersebut masih mengabaikan beberapa faktor lain. Adapun promosi yang diterapkan oleh perusahaan meliputi periklanan, promosi penjualan dan penjualan perorangan. Atas dasar diatas maka perusahaan tersebut sampai saat ini masih dapat terus bertahan dan mampu bersaing dengan perusahaan lain dalam melakukan penjualan lemari es. |