Merek Mustika Ratu adalah salah satu dari sekian banyak merek yang telah dikeluarkan oleh PT. Mustika Ratu, yaitu sebuah perusahaan dengan pimpinan Ny. BRA. Mooryati Soedibyo yang bergerak dibidang kosmetika dan jamu tradisional. Segmen pasar yang dituju adalah untuk usia dewasa dengan tingkat ekonomi menengah. Pada skripsi ini penulis akan menganalisa pelaksanaan pengembangan produk Shampo merek Mustika Ratu dan pengaruhnya terhadap penjualan perusahaan. Biaya pengembangan Shampo dari tahun 1991 hingga 1995 selalu mengalami peningkatan, hal ini juga diiringi dengan meningkatnya hasil penjualan produk. Namun bila dilihat prosentase perbandingannya maka dapat dilihat bahwa prosentase penjualan pada tahun 1993 dan 1994 mengalami kemerosotan, padahal perusahaan telah melakukan 4 (empat) pengembangan jenis shampo pada tahun yang bersangkutan. Ini mungkin disebabkan kurangnya ketelitian akan permintaan konsumen atau faktor pemasaran lainnya. Namun demikian, pada tahun 1995 perusahaan melakukan pengembangan lagi pada produk shamponya, dan dapat meningkatkan penjualan baik secara kuantitas maupun prosentase. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa perusahaan dalam melakukan pengembangan produk harus lebih seksama dan berkesinambungan, sehingga kebutuhan dan keinginan konsumen terpenuhi. Dengan demikian kemerosotan seperti yang terjadi pada tahun 1993 dan 1994 tidak terulangi. |