Cat PRIMA diproduksi oleh GT Prakarsa sejak tahun 1977 dan telah mendapat lisensi dari Kansai Paint Co., Ltd. Jepang. Dalam karya tulis ini penulis membahas mengenai daur hidup cat PRIMA yang berhubungan dengan penjualannya. Di dalam pembahasan daur hidup produk tersebut, dijelaskan mengenai situasi pasar industri cat pada lahap perkenalan dan pertumbuhan, segmentasi cat PRIMA, strategi bauran pemasaran pada kedua tahap tersebut dan ancaman serta peluang, GTP dalam memasarkan cat PRIMA. Daur hidup produk cat PRIMA baru sampai tahap pertumbuhan dan GTP berusaha mempertahankan posisi ini melalui pengembangan produk terus-menerus. Cat mempunyai daur hidup produk yang panjang, Pada tahap perkenalan, GTP melakukan peningkatan mutu cat PRIMA. Sebagian besar distribusi masih menggunakan jasa pengangkutan di Tangerang. Periklanan tidak dilakukan dan segmentasi cat PRIMA dilakukan terhadap harga. Pada tahap pertumbuhan, GTP melakukan pengembangan warna cat PRIMA dan peningkatan mutunya. Distribusi sudah menggunakan armada sendiri. Periklanan sudah dilakukan dan segmentasi cat PRIMA tetap dilakukan terhadap harga. GTP harus melakukan peningkatan kualitas cat PRIMA terus-menerus sehingga dapat lebih memperkuat posisi cat PRIMA di pasaran Indonesia. |