KEB Hana Bank adalah salah satu perusahan yang bergerak di ndustri perbankan di ndonesia dan termasuk kedalam jenis Bank BUKU III. Sebanyak 61 kantor layanan terletak di kota-kota besar di ndonesia dan 235 mesin ATM yang tersebar di seluruh ndonesia. KEB Hana Bank adalah salah satu perbankan baru yang memiliki potensi untuk bersaing dengan bank-bank besar, khususnya bank BUKU IV seperti BNI, Mandiri, BRI, dan BCA. Karyawan KEB Hana Bank diharapkan memiliki kinerja yang baik untuk dapat mencapai visi-misi KEB Hana Bank. Lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik merupakan salah satu penunjang untuk meningkatkan kinerja karyawan KEB Hana Bank. Jika lingkungan fisik dan lingkungan non fisik kondusif, kinerja karyawan diharapkan dapat meningkat. Penelitian ni bertujuan untuk mengetahui apakah lingkungan fisik dan lingkungan non fisik berpengaruh terhadap peningkatan kinerja karyawan KEB Hana Bank Jakarta. Penelitian ini dilakukan menggunakan penelitian penjelasan dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada 40 karyawan dengan kriterita tertentu dan studi pustaka terhadap sejarah dan menejemen KEB Hana Bank. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor lingkungan fisik tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan KEB Hana Bank, sedangkan faktor lingkungan non fisik berpenaruh signifikan meningkatkan kinerja karyawan KEB Hana Bank. Secara simultan faktor lingkungan fisik dan faktor lingkungan non fisik berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kinerja karyawan KEB Hana Bank.
Jakarta, 02 Juli 2021
Chionia Akira P. Maharani |