Isu sampah plastik mendorong berbagai perusahaan di Indonesia untuk menghadirkan produk ramah lingkungan serta memosisikan dirinya sebagai merek yang “hijau”. Danone-AQUA menjadi salah satu perusahaan yang turut peduli terhadap isu sampah plastik di Indonesia, dengan itu mereka menjalankan kegiatan komunikasi pemasaran berupa kampanye pemasaran sosial melalui media sosial Instagram yang bernama Kampanye #BijakBerplastik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kampanye pemasaran sosial yang dilakukan oleh Danone-AQUA di media sosial Instagram terhadap minat beli produk AQUA Life. Konsep utama pada penelitian ini adalah kampanye pemasaran sosial dengan dimensi create awareness and interest, change attitudes and conditions, motivate people to want to change their behavior, empowering people to act, dan prevent backsliding, serta minat beli berdasarkan model attention, interest, desire, action. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan perolehan data menggunakan angket tertutup. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif kampanye pemasaran sosial #BijakBerplastik melalui media sosial Instagram terhadap minat beli produk AQUA Life. Hasil juga selaras dengan tujuan kampanye pemasaran sosial yang meliputi knowledge objective, believe objective, dan behavior objective. Saran ilmiah yang dikemukakan yaitu mempertajam kriteria responden, mengkaji faktor terbentuknya sikap dan faktor lain yang mempengaruhi minat beli, serta menggunakan metode kualitatif. Untuk saran praktis, dapat memperhatikan konten untuk penyampaian pesan serta memanfaatkan influencers. |