Strategi pemasaran viral marketing dan influencer marketing kerap digunakan oleh industri kecantikan untuk meningkatkan kesadaran merek hingga membentuk brand image. Salah satu perusahaan kecantikan yang mengimplementasikan strategi tersebut adalah Scarlett Whitening. Penelitian bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh strategi viral marketing yang mencakup micro dan macro social media influencer terhadap brand image Scarlett Whitening. Terdapat dua variabel yang diteliti yaitu viral marketing sebagai variabel pengaruh yang meliputi dimensi-dimensi, messengers - source credibility, messengers - source attractiveness, messengers - source power, message, dan environment, kemudian brand image sebagai variabel tergantung yang dijelaskan dengan dimensi-dimensi favorability of brand associations, strength of brand associations, dan uniqueness of brand associations. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode pengumpulan data survei melalui e-kuesioner Google Form. E-kuesioner dibagikan kepada 100 responden yang memenuhi kriteria memiliki dan menggunakan media sosial Instagram, mengikuti akun Instagram Scarlett Whitening (@scarlett_whitening), dan pernah melihat unggahan micro atau macro social media influencer Scarlett Whitening di media sosial Instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa viral marketing yang mencakup micro dan macro social media influencer berpengaruh sebesar 70.2%. terhadap brand image Scarlett Whitening, Namun demikian tidak semua dimensi berpengaruh dengan kuat dalam membentuk fenomena yang diteliti. |