Usaha pemasaran akan berhasil jika ditujukan kepada suatu segmen pasar tertentu saja dan bukan masyarakat secara keseluruhan. Strategi pemasaran yang baik dan efektif harus mengetahui terlebih dahulu keinginan dan kebutuhan dari konsumen. Variabel-variabel yang dipakai oleh perusahaan untuk memenuhi atau melayani kebutuhan dan keinginan konsumen terdiri dari 4P atau disebut Marketing Mix, yang terdiri dari Price, Product, Place, Promotion. Place atau saluran distribusi sangat berperan di dalam menentukan keberhasilan perusahaan untuk memasarkan produknya. Untuk setiap perusahaan harus memperhatikan pengelolaan saluran distribusinya agar memberikan keuntungan maksimal. Tujuan saluran distribusi ini adalah agar produk perusahaan dapat sampai ke tangan konsumen secara tepat, cepat dan tepat waktu dengan biaya yang paling efisien. Menyadari akan pentingnya sistem saluran distribusi agar keberlangsungan hidup perusahaan tetap berjalan maka penulis memilih topik bahsan mengenai saluran distribusi dan perusahaan yang menjadi objek penelitian penulis adalah PT. PINDO DELI PULP AND PAPER MILLS, yang bergerak dibidang industri produksi kertas. Produk yang dihasilkan secara garis besar dapat dibedakan menjadi dua bagian yaitu pulp dan kertas. Cara pendistribusian yang dilakukan oleh PT. PINDO DELI PULP AND PAPER MILLS adalah cenderung menggunakan two dan three level chanels distribution. Adapun pertimbangan yang mempengaruhi penerapan saluran distribusi yang digunakan adalah berdasarkan pertimbangan produk, pertimbangan perantara, pertimbangan pesaing dan pertimbangan perusahaan sendiri. Dalam pembahasan skripsi ini, penulis mengemukakan mengenai pasa perusahaan, kebijakan saluran distribusi yang diterapkan serta pengaruhnya terhadap penjualan, lalu perkembangan yang dicapai perusahaan dengan kebijakan saluran distribusi yang telah dilakukan hingga kini. Sedangkan untuk mengetahui peranan biaya distribusi terhadap penjualan, penulis menggunakan beberapa metode yaitu Analisa koefisien korelasi, Analisa koefisien regresi dan Analisa elastisitas. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menarik kesimpulan bahwa kegiatan operasional perusahaan haruslah ditunjang dengan sistem pendistribusian yang baik dalam arti terstruktur, terorganisasi, fleksibel dan mampu menciptakan keadaan yang memungkinkan pencapaian tujuan untuk menjamin kelangsungan hidup perusahaan. Dan perkembangan volume penjualan dalam kaitannya dengan strategi distribusi telah efektif, hal ini dapat terlihat dari analisa korelasi bahwa biaya distribusi yang dikeluarkan akan mempengaruhi kenaikan atau penurunan, maka akan mengakibatkan kenaikan atau penurunan dalam penjualan. Namun fungsi distribusi tidaklah dapat dikatakan sebagai satu-satunya fungsi utama dalam perusahaan, karena keberadaannya tidak lepas dari fungsi-fungsi lainnya dalam perusahaan. |