Perkembangan teknologi membuat iklan mudah dan cepat dalam menyebarkan informasi melalui sosial media YouTube yang menjadi peringkat pertama. Oleh karena itu, YouTube dipilih menjadi media dalam menyebarkan iklan yang berisi informasi. Skill Academy Ruangguru merupakan situs kursus atau belajar online terbaik dalam menambah berbagai keahlian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh iklan YouTube “Skill Academy Ruangguru 2021” terhadap keputusan masyarakat sebagai pengguna di Jakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini, antara lain Komunikasi Pemasaran, Iklan, Media Sosial, YouTube, Keputusan Pengguna. Variabel pada penelitian ini adalah efektivitas iklan (EPIC Model), dengan dimensi emphaty, persuasion, impact, communication. Selain itu, terdapat variabel keputusan pengguna, yang berfokus pada dimensi pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan untuk membeli. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Peneliti menyebarkan kuesioner secara daring kepada 96 responden, berdasarkan perhitungan dengan rumus Lemeshow dengan jumlah populasi tidak diketahui. Hasil pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan dari iklan YouTube “Skill Academy Ruangguru 2021” terhadap keputusan masyarakat sebagai pengguna di Jakarta. |