Di Jakarta terdapat banyak restoran dengan jenis dan tipe yang bervariasi. Hal ini menyebabkan ketatnya persaingan antara restoran satu dengan yang lainnya dalam mencapai keuntungan. Maka, upaya yang dilakukan untuk mempertahankan usaha restorannya untuk tetap berjalan pada tahun 2021 ini, diantaranya meningkatkan metode pembayaran atau pemesanan makanan serta perbaikan menu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab tren menu engineering pada hidangan utama di outlet X periode Maret-Juli 2021. Untuk menjawab tujuan, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk mengetahui marjin kontribusi, popularitas menu, dan penyebab tren menu engineering di outlet X. Data yang diteliti dikumpulkan dengan cara dokumentasi perusahaan, observasi lapangan, dan wawancara mendalam. Penyebab tren menu engineering pada hidangan utama di outlet X periode Maret-Juli 2021 terjadi karena kualitas makanan yang berkaitan dengan cita rasa, suhu makanan, keempukan, porsi dan kualitas bahan kurang memuaskan, kualitas pelayanan karyawan dalam hal kehandalan (reliability) yang mencakup kecepatan penyajian pesanan, kecepatan waktu penyajian dan daya tanggap (responsiveness), meliputi kecepatan pelayanan dan kesigapan karyawan dalam menyajikan hidangan pada tamu, dan karena dampak dari wabah virus pandemic covid-19, dimana untuk menjaga protokol kesehatan jumlah tamu yang berkunjung dan jam operasional dibatasi. |