Lacoco En Nature adalah sebuah brand perawatan kulit asal Indonesia yang merupakan anak dari perusahaan PT. AVO Innovation Technology dan PT. Natural Nusantara. Lacoco En Nature menyinggung isu standar kecantikan di Indonesia lewat strategi pemasaan sosial melalui peluncuran kampanye yang bertajuk Flawless Skin Doesn’t Exist. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengaruh dari strategi pemasaran sosial kampanye Flawless Skin Doesn’t Exist terhadap Brand Awareness Lacoco En Nature. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah, pemasaran sosial, kampanye sosial, dan brand awareness. Dimensi yang terkait dengan pemasaran sosial pada penelitian ini adalah mengubah perilaku, perubahan perilaku bersifat sukarela, menggunakan prinsip dan teknik marketing, memilih dan mempengaruhi target pasar, dan penerima manfaat adalah individu, kelompok, atau masyarakat secara keseluruhan. Sedangkan dimensi yang terkait dengan brand awareness adalah top of mind, brand recall, brand recognition, dan unaware of brand. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner online kepada 100 responden yaitu followers Instagram Lacoco. Dalam pengolahan data, peneliti menggunakan SPSS v.26 for Windows. Hasil penelitian menyatakan bahwa strategi pemasaran sosial kampanye Flawless Skin Doesn’t Exist berpengaruh sedang dan positif sebesar 23,5% terhadap brand awareness Lacoco En Nature. Disarankan agar perusahaan terus menerapkan kampanye serupa agar masyarakat lebih peduli dan sadar akan dampak standar kecantikan yang kurang ideal di Indonesia. |