Grab merupakan Perusahaan teknologi dari Malaysia yang bermarkas di Singapura yang menyediakan aplikasi layanan transportasi angkutan umum mencakup kendaraan bermotor roda 2 maupun roda 4. Perusahaan Grab hanya perusahaan teknologi yang meluncurkan aplikasi saja serta untuk kendaraannya sendiri ialah kendaraan milik mitra yang sudah bergabung di PT Grab Indonesia. Aplikasi Grab telah diunduh pada lebih dari 90 juta perangkat dan didukung lebih dari 2,7 juta mitra pengemudi di delapan negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Grab memiliki beberapa layanan dan salah satunya adalah Grabfood. Grabfood adalah layanan pesan antar makanan yang dapat diakses menggunakan aplikasi Grab. Di mana makanan akan diantar oleh pengemudi yang telah bekerja sama dengan layanan Grab Bike. Grabfood memiliki fitur layanan yang cukup lengkap, mulai dari rekomendasi makanan hingga promo menarik yang diberikan. Penyedia layanan on-demand Grab mencatat, jumlah pengiriman makanan dan minuman melalui GrabFood tumbuh delapan kali lipat sejak Januari 2018 hingga Januari 2019. Teori yang menjadi acuan adalah komunikasi pemasaran, advertising, sales promotion, dan persepsi pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat berbagai persepsi yang tercipta oleh konsumen mengenai Implementasi dari advertising dan sales promotion yang dijalankan oleh Grab pada salah satu layanannya yaitu Grabfood dalam memenuhi tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui persepsi konsumen terhadap Implementasi advertising dan sales promotion Grabfood. |