Anda belum login :: 30 Nov 2024 12:55 WIB
Detail
BukuPeranan Distribusi terhadap Peningkatan Penjualan Kain Nylon pada PT Indonesia Taroko Textile
Bibliografi
Author: Muliana, Sally Trisnawati ; Margono, A. (Advisor)
Topik: MARKETING; Peranan Distribusi; Saluran Distribusi; Tingkat Penjualan
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 1997    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Sally Trisnawati Muliana's Undergraduate Theses.pdf (3.89MB; 1 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FEM-2685
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Saluran distribusi merupakan salah satu elemen bauran pemasaran yang penting dalam menentukan tinggi rendahnya tingkat penjualan. Peranan distribusi pada suatu perusahaan dimaksudkan agar arus lalu lintas barang atau penyaluran barang mulai dari produsen hingga sampai ke tangan konsumen dapat berjalan lancar. Ketepatan waktu pengiriman dan selalu tersedianya produk yang dibutuhkan, menjadikan konsumen percaya akan produk itu. Demikian pula dengan PT. INTATEX, penggunaan saluran distribusi yang baik merupakan salah satu cara dalam bersaing dengan perusahaan tekstil lainnya, disamping terus meningkatkan kualitas atau mutu kain nylonnya. PT. INTATEX mempunyai system pendistribusian yang tepat dan efektif karena perusahaan memiliki sarana pengangkutan sendiri untuk pengiriman produk dari pabrik di Purwakarta, Jawa Barat ke gudang pembeli di seluruh Jawa dan bekerja sama dengan perusahaan angkutan setempat untuk pengiriman ke luar pulau Jawa. Perusahaan memiliki sarana pengangkutan sendiri untuk pulau Jawa karena sebagian besar pelanggan PT. INTATEX berdomisili di daerah Jawa dan karena sebagian besar pelanggan perusahaan merupakan konsumen industri golongan menengah ke atas yang menginginkan service atau pelayanan yang prima. Tetapi bukan tidak mungkin, suatu saat nanti perusahaan juga akan memiliki sarana pengangkutan sendiri untuk daerah-daerah di luar pulau Jawa. Seperti dituliskan diatas, bahwa tinggi rendahnya tingkat penjualan ditentukan oleh saluran distribusi sebagai salah satu faktor elemen bauran pemasaran, disamping factor-faktor lainnya, diantaranya saluran distribusi. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kenaikan biaya distribusi dengan peningkatan penjualan. Hipotesis ini harus diandaikan bahwa persediaan barang di gudang perusahaan harus selalu dalam keadaan habis terjual, sehingga peranan saluran distribusi dalam membantu peningkatan penjualan menjadi nyata, karena penyaluran barang untuk mengisi persediaan harus selalu dilakukan oleh perusahaan. Sedangkan apabila persediaan tidak habis terjual atau menumpuk di gudang dan kemudian terjadi penjualan dalam jumlah besar dengan maksud untuk menghabiskan persediaan barang yang sudah ada, maka dalam hal ini peranan distribusi tidak membantu peningkatan penjualan, karena tidak ada kegiatan distribusi yang dilakukan untuk menyalurkan barang. Ternyata terbukti bahwa antara biaya distribusi dan tingkat penjualan PT. INTATEX terdapat hubungan yang positif setelah dilakukan analisa dengan menggunakan metode koefisien korelasi. Artinya setiap kenaikan atau penurunan biaya distribusi akan diikuti pula dengan kenaikan atau penurunan tingkat penjualan. Melalui pembuktian ini, semestinya perusahaan menyadari besarnya peranan saluran distribusi untuk mencapai sasaran dan tujuan perusahaan dan diharapkan perusahaan lebih memperhatikan dan mendukung kebijakan pemasaran khususnya kebijakan distribusi.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)