NutriGEN-ME adalah perusahaan pemeriksaan nutrigenomik yang hadir di Indonesia pada bulan Juni tahun 2017, yang dicetuskan pertama kali oleh Kalbe Farma melalui anak perusahaannya PT. Bifarma Adiluhung dengan berkolaborasi bersama Nutrigenomix, University of Toronto, Canada. Pelayanan yang ditawarkan oleh NutriGEN-ME adalah pemeriksaan nutrigenomik menggunakan air liur untuk mengetahui akar permasalahan dalam tubuh dan mengatur pola hidup yang sehat (meal plan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran konten yang disajikan oleh Instagram @nutrigenme dalam membentuk brand awareness NutriGEN-ME. Teori dasar yang digunakan sebagai acuan adalah Komunikasi Pemasaran, Segmenting, Targeting, Positioning (STP), Integrated Marketing Communication, Media Baru (media sosial Instagram), Digital Marketing, dan Brand Awareness. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan analisis deskriptif dengan perolehan data menggunakan wawancara mendalam, observasi aktivitas media sosial Instagram @nutrigenme, dan studi dokumen. Peneliti melakukan wawancara dengan product executive NutriGEN- ME dan tiga konsumen (pasien) yang telah melakukan pemeriksaan NutriGEN-ME. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial Instagram berperan dalam membentuk brand awareness NutriGEN-ME di benak konsumen (pasien) yakni adanya peran dari public figure dan influencer melalui video testimoni dan posisi brand awareness yang terbentuk di benak konsumen (pasien) adalah top of mind. |