Distribusi merupakan salah satu dari bauran pemasaran yang penting bagi perusahaan. Distribusi dilaksanakan dengan tujuan agar produk Bayer yang dijual perusahaan dapat menjangkau pasar atau tersedia di pasaran secara luas sehingga mudah diperoleh konsumen, karena bila produk tersebut sulit didapat maka konsumen akan beralih ke jenis produk yang sama dari perusahaan lain dan hal ini tentu akan merugikan perusahaan. Melihat pentingnya kegiatan distribusi yang dilakukan oleh PT. ULTRAMOS JAYA, maka penulis tertarik untuk meneliti tentang peranan saluran distribusi pada PT. ULTRAMOS JAYA. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan metode penelitian berdasarkan kepada riset perpustakaan untuk mendapatkan landasan teori dan riset lapangan untuk mendapatkan data dari perusahaan. Dalam usaha untuk meningkatkan penjualan, PT. ULTRAMOS JAYA menggunakan distribusi yang efektif dan efisien dalam mencapai tujuan perusahaan, yaitu penyebaran produk seluas mungkin dengan menggunakan perantara - perantara yang potensial. Selain itu perusahaan juga memperhatikan faktor - faktor yang mempengaruhi penentuan saluran distribusi dengan baik, karena keberhasilan perusahaan juga tergantung bagaimana perusahaan dapat mengambil tindakan yang tepat dalam menghadapi masalah yang ada. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian, ternyata ada hubungan erat antara biaya distribusi yang dikeluarkan dengan tingkat penjualan. Jadi, pelaksanaan saluran distribusi yang dilakukan oleh PT. ULTRAMOS JAYA mempunyai dampak positif bagi penjualan dan dapat dikatakan berhasil. |