Indonesia merupakan negara maritim terbesar di dunia dan peningkatan hasil ekspor laut mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui kondisi faktor internal PMMP dengan cara analisis value chain system dan faktor internal merupakan salah satu pendukung strategi ekspor yang diterapkan oleh PMMP. Value chain dibagi menjadi dua macam yaitu primary activities dan support activities. Primary activities meliputi inbound logistics, operations, outbound logistics, marketing and sales, dan service. Sedangkan dalam support activities meliputi firm infrastructure, human resource management, technology development, dan procurement. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang di mana data primer diperoleh dengan wawancara tiga narasumber yaitu manajer PMMP, karyawan PMMP, dan konsumen PMMP sedangkan data sekunder diperoleh dari artikel-artikel maupun buku. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kekuatan yang dimiliki oleh PMMP terletak pada service, human resource management, dan technology development. Kondisi internal perusahaan PMMP merupakan salah satu faktor pendukung untuk menerapkan strategi ekspor namun ada baiknya jika perusahaan lebih ketat lagi dalam perihal penerimaan pegawai di bidang produksi. |