Berbagai sektor bisnis di Indonesia yang mulai beroperasi kembali saat pandemi Covid-19 harus diimbangi dengan inovasi standar protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Salah satu perusahaan yang menerapkan inovasi protokol kesehatannya adalah Gojek dengan J3K (jaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan) yang memiliki 3 pilar, yaitu edukasi, teknologi, dan infrastruktur. Kampanye PR #PesanDariRumah oleh Gojek sebagai salah satu implementasi pilar edukasi memiliki pesan utama bahwa menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan merupakan tanggung jawab bersama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kampanye PR Gojek #PesanDariRumah terhadap kesadaran konsumen dalam menaati protokol Gojek J3K. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Public Relations, Kampanye Public Relations, dan Kesadaran Masyarakat. Kampanye PR #PesanDariRumah pada penelitian ini difokuskan pada keseluruhan tiga video #PesanDariRumah yang diunggah di kanal YouTube resmi Gojek Indonesia. Penelitian ini memiliki variabel bebas, yaitu kampanye PR dengan dimensi struktur pesan, konten pesan, framing, bahasa, dan daya tarik emosional, serta memiliki variabel terikat yaitu, kesadaran konsumen dengan dimensi kognitif, afektif, dan konatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksplanatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner secara daring kepada 96 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dengan koefisien korelasi sebesar 0,550, termasuk pada tingkat hubungan yang sedang antara kampanye PR Gojek #PesanDariRumah dan kesadaran konsumen dalam menaati protokol Gojek J3K. |