Sampah plastik menjadi salah satu faktor penyebab dari rusaknya lingkungan, salah satu yang terkena dampaknya adalah lautan. Dengan penumpukan ini, masyarakat, perusahaan, dan pemerintah bekerja sama untuk melakukan gerakan mengurangi penggunaan plastik. Salah satu perusahaan yang melakukan tindakan tersebut adalah Unilever dengan menggunakan produknya yaitu Love Beauty and Planet. Love Beauty and Planet memiliki kampanye green marketing yaitu #SmallActsofLove yang memiliki tujuan untuk mengajak konsumen melakukan pengurangan penggunaan sampah plastik. Dari kampanye tersebut, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh dari kampanye green marketing terhadap keputusan pembelian dan kesadaran kelestarian lingkungan hidup konsumen. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah Integrated Marketing Communication (IMC), green marketing, Marketing Public Relations (MPR), kampanye, perilaku konsumen, dan kesadaran lingkungan. Peneliti berfokus pada variabel kampanye green marketing, perilaku pembelian, dan kesadaran lingkungan. Kampanye green marketing memiliki indikator the channel, the message, dan the communicator. Perilaku Pembelian memiliki indikator yaitu pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan evaluasi pascapembelian. Kesadaran lingkungan yang indikatornya adalah environmental knowledge, environment attitude, recycle behavior, dan political action. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan dengan menggunakan elektronik kuesioner yaitu google form dan disebarkan ke 94 responden followers Instagram Love Beauty and Planet Indonesia yang mengetahui kampanye #SmallActsofLove. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kampanye green marketing memiliki pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian dan kesadaran kelestarian lingkungan hidup konsumen. Berdasarkan koefisien determiasi, presentase pengaruh kampanye green marketing terhadap keputusan pembelian adalah 35,8% dan pengaruh kampanye green marketing terhadap kelestarian lingkungan hidup konsumen adalah 31,1%. |