Anda belum login :: 24 Nov 2024 01:40 WIB
Detail
BukuPerumusan Strategi Organisasi Menggunakan Metode Boston Consulting Group (BCG) Untuk Keunggulan Bersaing Dalam Pasar Yang Kompetitf (Studi Kasus : Prodi Teknik Industri Universitas X)
Bibliografi
Author: Adidharma, Alexander Yuda ; Prasetya, Wibawa (Advisor)
Topik: Posisi Finansial; Prodi Teknik Industri Universitas X; BCG; SWOT; Lokasi
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2022    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Posisi finansial dari suatu perusahaan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan agar kondisi finansial yang dimiliki oleh suatu perusahaan berada pada kondisi yang baik sehingga perusahaan tersebut dapat terus berjalan. Prodi Teknik Industri Universitas X yang telah didirikan dari 3 Maret 1999 telah memiliki nama besar yang dikenal luas oleh masyarakat. Namun, Prodi Teknik Industri Universitas X saat ini memiliki permasalahan terletak pada penurunan jumlah mahasiswa baru. Penurunan ini menyebabkan penurunannya keuntungan secara finansial yang dapat dimiliki oleh Prodi Teknik Industri Universitas X. Metode Boston Consulting Group (BCG) digunakan untuk melihat di mana posisi Prodi Teknik Industri Universitas X berada dibanding dengan kompetitor dari sudut pandang finansial. Berdasarkan perhitungan metode BCG, Prodi Teknik Industri Universitas X berada di posisi “Dogs”. Hasil perhitungan metode BCG menjadi acuan untuk perbaikan strategi yang dapat dilakukan di masa depan. Penggunaan metode SWOT untuk melihat keunggulan dan kelemahan yang dimiliki sehingga dapat menghasilkan strategi yang lebih baik lagi. Metode SWOT digunakan untuk memaksimalkan keunggulan dan meminimalisir kelemahan Prodi Teknik Industri Universitas X. Solusi dari perbaikan posisi “Dogs” adalah dengan memperluas pangsa pasar yang telah dimiliki sebelumnya. Strategi lokasi merupakan strategi yang terpilih untuk memperluas pangsa pasar yang telah dimiliki sebelumnya. Strategi lokasi memiliki 2 skenario strategi. Skenario strategi yang terpilih berdasarkan peluang memperluas pangsa pasar adalah dengan membuka kembali kelas kuliah secara tetap di Jakarta, Semanggi.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)