Penelitan ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh elemen celebrity endorsement terhadap purchase intention. Objek penelitian yang diteliti adalah Amanda Manopo sebagai brand ambassador Shopee. Elemen celebrity endorsement yang diteliti adalah celebrity attractiveness, celebrity trustworthiness, celebrity expertise dan celebrity congruence. Data penelitian yang digunakan adalah data primer dengan menyebarkan kuesioner online menggunakan google-form. Metode pengambilan sampel menggunakan metode non-probalility sampling dengan teknik purposive sampling. Kriteria responden dalam penelitian ini adalah responden dengan kriteria usia yaitu 17 – 35 tahun, yang tinggal di wilayah Jabodetabek (Jakarta – Bogor – Depok – Tangerang – Bekasi) dan mengetahui atau pernah melihat iklan Shopee dengan brand ambassador Shopee Amanda Manopo. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan alat analisis data regresi berganda dengan IBM SPSS Statistic 25. Hasil penelitian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa celebrity trustworthiness dan celebrity congruence memiliki pengaruh yang signifikan terhadap purchase intention pada iklan Shopee dengan brand ambassador Amanda Manopo. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa celebrity attractiveness dan celebrity expertise yang tidak memiliki pengaruh terhadap purchase intention pada iklan Shopee dengan brand ambassador Amanda Manopo |