Anda belum login :: 23 Nov 2024 06:51 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Gambaran Strategi Coping Pada Mahasiswa yang Mengalami Academic Burnout di Masa Pandemi
Bibliografi
Author:
Vidyputri, Yolanda Xania
;
Hestyanti, Yohana Ratrin
(Advisor)
Topik:
academic burnout
;
strategi coping
;
mahasiswa
;
kuliah daring
;
COVID-19
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2022
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
20170700017_Yolanda Xania Vidyputri_LembarAdministrasi.pdf
(306.4KB;
2 download
)
20170700017, Yolanda Xania Vidyputri, Yohana Ratrin Hestyanti, Gambaran Strategi Coping pada Mahasiswa yang mengalami Academic Burnout di Masa Pandemi,270122.pdf
(557.66KB;
25 download
)
Abstract
Perkuliahan daring di masa pandemi COVID-19 merupakan sebuah fenomena baru dikalangan mahasiswa yang sudah terbiasa mengikuti perkuliahan tatap muka. Seiring berjalannya waktu, pekuliahan daring mulai menimbulkan dampak positif maupun negatif. Bila dampak negatif perkuliahan daring tidak diatasi dengan baik dan menjadi berkelanjutan, akan menimbulkan academic burnout pada mahasiswa yang mempengaruhi dirinya dalam perkuliahan daring. Dalam situasi ini, melakukan strategi coping yang dirasa cocok untuk mengatasi sumber academic burnout yang dialami. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui gambaran strategi coping yang dipilih mahasiswa yang mengalami academic burnout serta efektivitasnya bagi mahasiswa.
Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif fenomenologi. Metode pengumpulan data pertama dilakukan dengan alat ukur menggunakan Maslach Burnout Inventory- Student Survey untuk melihat data gambaran tingkat academic burnout di kalangan mahasiswa, yang diisi oleh 17 partisipan. Setelahnya dilanjutkan dengan wawancara semi-structured one-on-one interview yang dilakukan secara daring. Uji kredibilitas penelitian ini diperiksa menggunakan member checking pada masing-masing partisipan.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa mahasiswa yang melakukan perkuliahan daring mengalami academic burnout karena kesulitan memahami materi perkuliahan, banyaknya tugas yang diterima, permasalahan dalam kelompok yang akhirnya membuat mahasiswa tertekan dan terbebani. Strategi coping yang paling banyak dipakai dan cukup efektif untuk mengatasi academic burnout oleh kelima partisipan adalah acceptance, active coping, dan self-distraction. Ditemukan mahasiswa menilai strategi coping yang paling efektif adalah self-distraction karena dapat mengurangi rasa lelah dan meningkatkan semangat mahasiswa, sedangkan strategi coping yang dirasa kurang efektif adalah acceptance karena semakin membuat dirinya merasa lelah.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.15625 second(s)