Era Globalisasi semakin menuntut perkembangan serta kemajuan dari berbagai aspek khususnya bidang teknologi. Perkembangan teknologi terjadi banyak sekali perubahan termasuk dalam penyampaian informasi yang semakin mudah dijangkau dengan bantuan sistem informasi yang ada. PD. Gemilang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang jasa penyewaan mesin foto copy ke berbagai perusahaan Se-Jabodetabek. Perusahaan ini menggunakan sistem sewa kontrak dengan perjanjian dengan Syarat & Ketentuan sesuai perbincangan antara pemilik dan pelanggan. Dalam proses bisnisnya, perusahaan ini secara garis besar terbagi menjadi proses transaksi dari pemesanan, penjualan, pencatatan transaksi, sampai pencatatan keuangan dan ada juga bagian persediaan bagian pengiriman mesin, stok gudang, serta perawatan mesin (service). Sistem informasi yang terjadi masih belum terintegrasi satu sama lain sehingga penyampaian arus informasi masih sering terhambat dengan sistem yang sebagian besar masih dilakukan secara manual. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, perancangan sistem informasi dapat mendukung proses bisnis tersebut dan menjadi solusi untuk membantu aliran informasi yang terjadi pada PD. Gemilang menjadi lebih teritengrasi. Penelitian dilakukan dengan membangun sebuah sistem informasi yang dapat memenuhi sebagian besar proses bisnis terutama transaksi dan persediaan dengan metode System Development Life Cycle (SDLC) untuk mengidentifikasi berbagai kebutuhan data serta informasi yang diperlukan untuk menunjang proses bisnis dan merancang suatu sistem informasi yang dapat meenuhi kebutuhan akan sistem informasi pada perusahaan. Sistem informasi yang dirancang nantinya akan memenuhi kebutuhan setiap divisi dari Pemilik, Sekertaris, Logistik, dan Teknisi dalam melakukan pelaporan, monitoring, serta pencatatan yang dapat disediakan oleh sistem. Sistem informasi yang dirancang menghasilkan output berupa data administratif seperti pelanggan dan karyawan, laporan penjualan, pembelian, piutang, stok gudang, serta data servis. |