Anda belum login :: 26 Nov 2024 19:19 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Hubungan Antara Pengetahuan Ibu Mengenai Gizi Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia 3-5 Tahun di Wilayah DKI Jakarta
Bibliografi
Author:
Tenggono, Helena Christie
;
Soegiarto, Bertha
(Advisor)
Topik:
pengetahuan ibu mengenai gizi
;
perkembangan psikososial anak
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Sarjana Kedokteran - Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2022
Jenis:
Theses - Karya Tulis Ilmiah Kedokteran (KTI-FK) - Registration of Karya Tulis Ilmiah Kedokteran
Fulltext:
Helena Christie Tenggono_LembarAdministrasi.pdf
(350.11KB;
5 download
)
Helena Christie Tenggono_RegKTI_2022.pdf
(608.31KB;
13 download
)
Abstract
Latar Belakang: Anak dengan gizi yang baik akan mencapai perkembangan fisik dan mental yang baik. Pengetahuan orang tua mengenai gizi merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi gizi anak. Gizi yang tidak adekuat dapat menyebabkan gangguan psikososial dan emosional. Jika hal ini tidak cepat diatasi maka anak memiliki risiko untuk mengalami masalah perkembangan dan perilaku dalam jangka panjang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan ibu mengenai gizi dan perkembangan psikososial anak usia 3-5 tahun di wilayah DKI Jakarta.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik potong lintang. Sampel penelitian terdiri dari seluruh ibu di wilayah DKI Jakarta yang memiliki anak berusia 3-5 tahun pada rentang waktu Agustus sampai Oktober 2021dan mengembalikan kuesioner penelitian pada tahun 2021 serta memenuhi kriteria eksklusi dan inklusi. Pengetahuan ibu mengenai gizi ditentukan dengan kuesioner yang sudah tervalidasi dan perkembangan psikososial anak ditentukan dengan kuesioner Pediatric Symptom Checklist-17 (PSC-17). Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Fisher Exact.
Hasil: Dari 97 responden, sebanyak 74 ibu (76.3%) memiliki pengetahuan gizi yang tinggi. Enam belas anak dari 97 responden diduga memiliki gangguan perkembangan psikososial, sementara 81 anak lainnya tidak. Analisis data menunjukkan tidak ada hubungan bermakna antara pengetahuan ibu mengenai gizi dengan perkembangan psikososial anak usia 3-5 tahun (Sig = 0.344).
Kesimpulan: Secara statistik tidak ditemukan hubungan yang bermakna antara pengetahuan ibu mengenai gizi terhadap perkembangan psikososial anak usia 3-5 tahun di wilayah DKI Jakarta.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.15625 second(s)