Anda belum login :: 23 Nov 2024 06:16 WIB
Detail
BukuHubungan Strategi Belajar Retrieval Practice dan Spaced Repetition dengan Indeks Prestasi Kumulatif pada Mahasiswa Preklinik Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Bibliografi
Author: Fauzanakbar, Fikri ; Bororing, Sheella Rima (Advisor); Juliawati, Veronica Dwi Jani (Advisor)
Topik: Strategi belajar; retrieval practice; spaced repetition; pendidikan kedokteran.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Sarjana Kedokteran - Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2021    
Jenis: Theses - Karya Tulis Ilmiah Kedokteran (KTI-FK) - Registration of Karya Tulis Ilmiah Kedokteran
Fulltext:
Abstract
Latar Belakang: Belajar didefinisikan sebagai usaha untuk memperoleh kepandaian atau ilmu. Dalam belajar, dapat dilakukan strategi belajar tertentu. Strategi belajar sendiri didefinisikan sebagai strategi yang dilakukan untuk mencapai pemahaman pelajaran yang bermakna. Strategi belajar retrieval practice dan spaced repetition merupakan strategi belajar yang dapat membantu retensi memori. Strategi tersebut dapat membantu dalam belajar pada mahasiswa kedokteran, mengingat banyaknya materi yang dipelajari mahasiswa program studi kedokteran dalam waktu blok atau modul yang sangat singkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan strategi belajar retrieval practice dan spaced repetition dengan indeks prestasi kumulatif pada mahasiswa preklinik Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan metode potong lintang yang dilakukan pada 109 responden mahasiswa preklinik FKIKUAJ angkatan 2018, 2019, dan 2020. Pengambilan data penerapan strategi belajar dan indeks prestasi kumulatif dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil data yang didapat dianalisis dengan menggunakan uji Chi-square untuk mengetahui hubungan strategi belajar retrieval practice dan spaced repetition dengan indeks prestasi kumulatif.
Hasil: Didapatkan hasil 109 responden dengan tingkat penerapan strategi belajar tinggi sejumlah 31,2%, sedang sejumlah 33,9%, dan rendah sejumlah 34,9%. Nilai indeks prestasi kumulatif responden dengan kategori cukup (IPK <3,00) sejumlah 3,66%, baik (IPK 3,01-3,25) sejumlah 13,76%, sangat baik (IPK 3,26-3,50) sejumlah 42,2%, dan dengan pujian (IPK >3,50) sejumlah 40,36%. Berdasarkan uji Chi-square, terdapat hubungan yang bermakna antara strategi belajar retrieval practice dan spaced repetition dengan indeks prestasi kumulatif pada mahasiswa preklinik FKIKUAJ (p=0,022).
Kesimpulan: Terdapat hubungan yang bermakna antara strategi belajar retrieval practice dan space repetition dengan indeks prestasi kumulatif pada mahasiswa preklinik FKIKUAJ.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)