Anda belum login :: 27 Nov 2024 15:12 WIB
Detail
BukuEvaluasi Strategi Distribusi Produk Solartuff untuk Meningkatkan Penjualan pada PT Impack Pratama
Bibliografi
Author: Linah ; Tjiptarahadja, Himawan (Advisor)
Topik: MARKETING; Pemasaran; Bauran Pemasaran; Saluran Distribusi; Pedagang Perantara; Strategi Pemasaran; Kebijaksanaan Distribusi
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 1996    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Linah's Undergraduate Theses.pdf (12.89MB; 4 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FEM-2483
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Distribusi merupakan salah satu unsur bauran pemasaran yang penting. Walaupun suatu produk memiliki keunggulan dan kualitas yang sangat baik, harga yang sangat kompetitif ataupun dipromosikan secara besar-besaran tetapi jika tidak mempunyai saluran distribusi yang baik maka keberhasilan pemasaran suatu produk akan tidak tercapai secara maksimal. Dengan kata lain proses distribusi merupakan salah satu unsure pemasaran yang terpenting guna menunjang keberhasilan pemasaran suatu produk. Hal inilah yang membuat penulis tertarik untuk menyusun skripsi mengenai saluran distribusi dan sebagai obyek penelitian, penulis memilih produk Solartuff, yaitu atap plastik polykarbonat yang baru pertama kali dipasarkan di Indonesia. Produk Solartuff diproduksi oleh PT. IMPACK PRATAMA yang merupakan satu-satunya produsen jenis produk ini di Asia Tenggara. Adapun saluran distribusi yang dipergunakan perusahaan adalah saluran 0 tingkat dan saluran 2 tingkat. Untuk mengetahui efektifitas dari saluran distribusi yang dipergunakan oleh perusahaan dalam meningkatkan pendapatannya, maka digunakan perhitungan analisa koefisien korelasi, koefisien regresi dan perhitungan elastisitas. Dari perhitungan analisa koefisien korelasi diperoleh r = 0,9735 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara biaya distribusi dengan volume penjualan barang. Hasil analisis regresi linear sebesar Y = 65,0912 + 0,0109X dapat dipergunakan untuk meramalkan, apabila X diketahui nilainya. Misalnya, hasil penjualan Rp 500,00 maka ini berarti X = 500, maka akan memberikan perkiraan biaya distribusi sebesar Y = Rp 65,0912 + 0,0109 (Rp 500) = Rp 70,5412. Hasil perhitungan dengan menggunakan teori elastisitas menunjukkan bahwa dari tahun 1990-1994 elastisitasnya semua melebihi 1 {E>1} yang berarti perubahan tingkat kenaikkan penjualan jauh lebih besar daripada pertambahan biaya distribusi. Metode penelitian yang dilakukan berupa riset kepustakaan dan riset lapangan. Riset kepustakaan diperoleh dari buku-buku, majalah dan sumber lainnya. Riset lapangan diperoleh dari hasil observasi dan wawancara. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian adalah bahwa terdapat hubungan yang kuat dan positif antara biaya saluran distribusi dengan hasil penjualan dimana kenaikkan maupun penurunan biaya saluran distribusi merupakan kenaikan atau penurunan hasil penjualannya. Selanjutnya untuk meningkatkan penjualannya, penulis menyarankan agar perusahaan mancari beberapa pemasok bahan baku yang handal untuk mengatasi hambatan yang terjadi dengan pemasok bahan baku yang lama. Selain itu disarankan juga supaya perusahaan meningkatkan kerjasama antara bagian penjualan, bagian pengiriman dan bagian pergudangan sehingga akan tercipta suatu sistem koordinasi yang baik dalam menyalurkan produk ke seluruh konsumen. Perusahaan juga perlu meningkatkan komunikasi dua arah antara pelanggan dengan para masing-masing pihak.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)