Pemasaran merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dewasa ini, karena suksesnya suatu perusahaan tergantung pada kemampuannya menguasai strategi pemasaran. Saluran distribusi merupakan satu diantara keputusan manajemen yang penting dalam kegiatan marketing mix, agar produk perusahaan dapat tersebar secara luas dan dapat tersedia setiap saat bila konsumen membutuhkannya. Adapun dasar penulisan skripsi ini dilandasi oleh teori atau konsep bauran pemasaran, yang terdiri dari variabel-variabel produk, harga, tempat atau distribusi dan promosi, dimana variabel-variabel pemasaran ini dapat dikendalikan oleh perusahaan untuk mencapai tingkat penjualan yang diharapkan di dalam pasar sasarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh saluran distribusi terhadap tingkat penjualan telepon selular Siemens pada P.T. Wahanasarana Buana. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah Riset Kepustakaan dan Riset Lapangan yang berupa wawancara langsung dengan pimpinan dan staf perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran distribusi yang dimiliki perusahaan sangat efektif dan efisien dalam meningkatkan volume penjualan telepon selular Siemens, dimana dari perhitungan koefisien korelasi antara biaya distribusi terhadap hasil penjualan didapat angka 0,96 yang menunjukkan hubungan positif dan sangat kuat. Kesimpulan yang diambil adalah bahwa bentuk dan jenis saluran distribusi yang dimiliki pemsahaan sudah tepat, dimana strategi distribusi yang digunakan adalah distribusi intensif, juga kegiatan seleksi, motivasi dan evaluasi anggota saluran sudah cukup tepat. Hambatan-hambatan yang dihadapi adalah persaingan yang semakin ketat dengan adanya perusahaan sejenis yang menjadi distributor merek-merek telepon selular lain. Saran yang diajukan penulis ialah mengembangkan Telemarco menjadi tempat pembelian alat-alat telekomunikasi serta meningkatkan citra bisnis yang baik di mata konsumen. |