Saluran distribusi merupakan salah satu kegiatan pemasaran di dalam bauran pemasaran. Distribusi sangat berperan dalam menentukan keberhasilan perusahaan untuk memasarkan produknya. Untuk itu setiap perusahaan harus memperhatikan pengelolaan saluran distribusi agar dapat memberi keuntungan yang maksimal bagi perusahaan. Tujuan saluran distribusi ini agar produk perusahaan dapat sampai ke tangan pelanggan sasaran yang tepat, cepat, dan tepat waktu dengan biaya yang paling efisien. Menyadari pentingnya saluran distribusi bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan, maka penulis memilih topik bahasan mengenai peranan saluran distribusi sebagai bahasan dalam penulisan skripsi ini. Penulis membahas pengaruh strategi saluran distribusi terhadap penjualan koran Kompas pada PT. Kompas Media Nusantara. Dalam pembahasan skripsi ini, penulis mengemukakan mengenai, kebijakan saluran distribusi yang diterapkan serta pengaruh terhadap penjualan produknya, lalu perkembangan yang dicapai perusahaan dengan kebijakan saluran distribusi yang telah dilakukan hingga saat ini. Sedangkan untuk mengetahui peranan biaya distribusi terhadap penjualan, penulis menggunakan beberapa pendekatan, yaitu pendekatan metode analisa persamaan regresi linier, analisa koefisien korelasi, standar koefisien determinasi, test koefisien korelasi, dan standar error koefisien regresi. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menarik kesimpulan bahwa suatu perusahaan penerbit koran harian yang baik, harus ditunjang oleh saluran distribusi yang baik. Dimana produk perusahaan bukan sekedar sampai ke tangan pelanggan secara cepat saja, tetapi harus sampai pada pelanggan pada sasaran yang tepat pula. Sehingga semuanya Itu menunjang dalam mencapai tujuan perusahaan. Dan perkembangan penjualan koran harian Kompas dalam kaitannya dengan strategi distribusi telah efektif dapat dilihat dari analisa korelasi bahwa biaya distribusi yang dikeluarkan akan mempengaruhi jumlah penjualan. Dimana jika biaya distribusi mengalami kenaikan atau penurunan, maka akan mengakibatkan kenaikkan atau penurunan dalam penjualan. Namun perlu disadari bahwa fungsi distribusi bukanlah satu-satunya faktor yang dominan, tetapi juga harus di tunjang oleh fungsi-fungsi lainnya dari perusahaan. |