Dalam usahanya meningkatkan hasil penjualan, PT. SMART Corporation perlu memperhatikan penerapan strategi iklan secara tepat. Untuk meneliti apakah kegiatan periklanan itu telah dijalankan sesuai dengan yang diharapkan atau belum, penulis melakukan suatu analisa strategi iklan yang didasarkan pada Teori 5 M, yaitu Mission, Money, Message, Media dan Measurement. Juga analisa atas dasar Teori 4 P, yaitu Product, Price, Placement/Distribution dan Promotion; guna meneliti faktor pengaruh penjualan di luar periklanan. Hasil analisa elastisitas dan koefisien korelasi serta analisa AIDAS yang dilakukan penulis, menunjukkan bahwa usaha promosi FILMA melalui periklanan belum terlaksana secara maksimal; tetapi tampaknya kegiatan tersebut telah berjalan lancar. Ini terbukti bahwa dari tahun 1992-1995 (sebagai tahun-tahun yang diteliti penulis), FILMA masih belum mampu pengaruhi pangsa pasar BIMOLI Special, pesaing utamanya. Kedudukan FILMA masih tetap di urutan ke dua dan pertumbuhan penjualannya pun mengalami penurunan. Dengan demikian perusahaan perlu mengadakan berbagai perbaikan dari segi penetapan anggaran iklan, pesan iklan dan pilihan seleksi media iklan agar pembiayaan iklan menjadi hemat, iklan disukai dan dipahami masyarakat, serta tersebar di wilayah pemasaran yang lebih luas lagi. |