Anda belum login :: 17 Feb 2025 10:37 WIB
Detail
BukuKAJIAN EKSPERIMENTAL PENGARUH DRIVING CYCLE TERHADAP PERFORMA MESIN 2400cc HONDA CR-V TAHUN 2005 DENGAN BAHAN BAKAR BENSIN
Bibliografi
Author: Adiputra, Henry ; Soewono, Arka Dwinanda (Advisor); Darmawan, Marten (Advisor)
Topik: pola berkendara; dynotest; konsumsi BBM; WLTC.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2021    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Mobil adalah kendaraan yang membutuhkan bahan bakar untuk bekerja. Pada proses mengolah bahan bakar tersebut tercipta gas buang yang menciptakan polusi udara. Untuk mengurangi efek polusi udara yang dihasilkan oleh mobil, standar Test Cycle dibuat. Standar tersebut menetapkan standar konsumsi BBM dan emisi untuk mobil. Salah satu standar tersebut adalah WLTC. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui kinerja mesin kendaraan roda empat dengan pola berkendara tertentu. Kinerja mesin dapat ditinjau dengan uji konsumsi bahan bakar, emisi kendaraan, tenaga yang dihasilkan mesin, dan torsi yang dihasilkan mesin. Untuk pengambilan data tersebut akan dilakukan dynotest pada dynamometer. Untuk pola berkendara, pengujian dilakukan pada standar WLTC dan akan dilakukan di sekitar daerah Jabodetabek. Pengujian dilakukan dengan 5 rute yang berbeda di daerah Jabodetabek. Hasil pengujian akan dibandingkan dengan standar WLTC. Rute pengujian konsumsi BBM yang terburuk terdapat pada Jl. Hayam wuruk – Jl. Gajah Mada (8 Km/L) dan yang terbaik terdapat pada Jl. Pahlawan Seribu (9,8 Km/L). Terdapat perbedaan dalam konsumsi bahan bakar mobil karena lalu lintas di daerah Jabodetabek yang tidak stabil.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.40625 second(s)