Di jaman sekarang ini persaingan di bidang speciality goods semakin ketat, maka peranan promosi sangat besar pengaruhnya terhadap peningkatan penjualan, masalah promosi ini harus diperhatikan dan dianalisa secara benar. Promosi merupakan suatu variabel dari pemasaran dan dengan promosi perusahaan mempunyai kesempatan untuk berkomunikasi dengan konsumen dan dapat menginformasikan produk yang ditawarkan, sehingga dapat menarik konsumen untuk membeli. Kegiatan promosi yang dilakukan antara lain dengan menggunakan media iklan, baik media televisi maupun surat kabar dan majalah. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pangsa pasar. Penentuan media sangat efektif dalam menyampaikan pesan sehingga dapat mengena pada target konsumen yang diinginkan. Tercapainya volume penjualan produk sesuai dengan yang digariskan dalam rencana pemasaran yang diharapkan oleh perusahaan. Untuk mengukur pengaruh strategi promosi terhadap penjualan merupakan hal yang sulit dilakukan, mengingat naik turunnya volume penjualan tidak saja tergantung dari promosi, tetapi berasal juga dari keadaan ekonomi, peraturan pemerintah, pendapatan masyarakat, selera konsumen dan lain-lain. Untuk mengukur besar kecilnya peranan promosi terhadap peningkatan penjualan adalah dengan melihat persentase perubahan dari volume penjualan dan persentase perubahan biaya promosi. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang kuat, artinya kegiatan promosi yang dilakukan oleh perusahaan mempunyai pengaruh yang kuat terhadap naik turunnya volume penjualan perusahaan. |