Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari reputasi Kantor Akuntan Publik (KAP) dan ukuran perusahaan terhadap durasi waktu audit. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah reputasi KAP dan ukuran perusahaan. Sampel dalam penelitian ini dipilih berdasarkan metode purposive sampling yang terdiri dari 54 perusahaan consumer goods industry yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan menerbitkan laporan keuangan secara lengkap selama tahun 2016-2019. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi berganda dan uji Goodness of Fit. Penelitian ini diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS 25.0. Hasil dari penelitian secara simultan menunjukkan bahwa reputasi KAP dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap durasi waktu audit dan secara parsial menunjukkan bahwa reputasi KAP memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap durasi waktu audit sementara ukuran perusahaan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap durasi waktu audit. Nilai R2 sebesar 0,056 menunjukkan bahwa reputasi KAP dan ukuran perusahaan hanya mampu menjelaskan variabel durasi waktu audit sebesar 5,6 %. |