Anda belum login :: 27 Nov 2024 21:18 WIB
Detail
BukuPengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Mengenai Siklus Air Kelas V SD
Bibliografi
Author: Widianasari, Natalia Dei ; Anindyta, Pricilla (Advisor)
Topik: Multimedia interaktif; siklus air; pembelajaran IPA
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2021    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Multimedia interaktif adalah suatu tampilan kombinasi media seperti gambar, teks, suara, animasi, dan video yang dirancang untuk memberikan informasi dan memiliki interaktifitas bagi penggunanya. Multimedia interaktif sangatlah efektif untuk digunakan dalam pembelajaran karena materi pelajaran yang disampaikan akan lebih mudah dipahami dan tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Akibat adanya pandemi Covid-19 tentu berdampak bagi pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Salah satu dampaknya yaitu kurangnya media yang bervariasi untuk menunjang kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sehingga siswa saat ini mulai merasa jenuh. Penggunaan media dengan melibatkan teknologi secara maksimal mampu membantu memenuhi kebutuhan belajar siswa. Salah satu software yang dapat digunakan untuk membuat multimedia interaktif dengan mudah tanpa menggunakan coding yaitu Smart Apps Creator 3. Smart Apps Creator 3 adalah software berbasis desktop yang dapat digunakan untuk membuat multimedia interaktif dalam bentuk sebuah aplikasi berbasis android atau iOS, format HTML5 dan .exe. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) mengenai materi siklus air kelas V SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ASSURE yang terdiri dari beberapa tahap yaitu (1) Analyze Learners, yaitu analisis kebutuhan; (2) State Objectives, yaitu menetapkan tujuan pembelajaran; (3) Select Strategies, Technology, Media, and Materials, yaitu memilih strategi, teknologi, media, dan materi; (4) Utilize Materials, yaitu melakukan uji validitas dengan ahli materi dan ahli media; (5) Requires Learner Participation, yaitu melakukan uji coba perorangan pada siswa kelas V SD; (6) Evaluate and Revise, yaitu mengevaluasi dan merevisi produk berdasarkan hasil uji coba. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, multimedia interaktif yang peneliti kembangkan mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan dapat dilakukan secara mandiri sesuai dengan kondisi pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Melalui pengembangan multimedia interaktif ini, peneliti memberikan saran kepada guru untuk menggunakan multimedia interaktif dalam pembelajaran IPA mengenai siklus air dan menggunakan software Smart Apps Creator 3 untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif. Selanjutnya sekolah dapat menjadikan penelitian ini sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan dan mengembangkan multimedia interaktif.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)