Pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, pembelajaran dari rumah merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan agar pembelajaran tetap berjalan dengan baik. Keterbatasan waktu saat pembelajaran dari rumah mengakibatkan metode pembelajaran yang digunakan kurang mengembangkan kemampuan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk penugasan, dampak dari pemberian tugas, dan cara guru membantu kesulitan siswa saat berlangsungnya pembelajaran dari rumah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah baik dalam menggunakan variasi bentuk tugas yang diberikan ke siswa. Pemberian tugas memberikan dampak yang baik untuk siswa yaitu siswa dapat mengulang kembali materi pelajaran secara mandiri. Guru memberikan bimbingan yang baik dalam mengatasi kesulitan yang dialami siswa selama mengerjakan tugas dengan cara memberikan izin ke siswa untuk menghubunginya secara pribadi dan memberikan tanggapan yang baik serta dapat menjawab pertanyaan yang diberikan siswa dengan baik. Guru juga memberikan pendampingan ke siswa yang belum mengumpulkan tugas dengan menuntunnya saat mengerjakan tugas. |