PT, Goodyear Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pembuatan ban, perusahaan ini memproduksi segala macam ban mulai dari ban untuk angkutan ringan sampai angkutan berat. PT. Goodyear Indonesia didirikan pada tanggal 26 Januari 1917 dengan nama NV The Goodyear Tire & Rubber Company Limited dan mengubah namanya sejak tanggal 25 Juli 1978 menjadi PT. Goodyear Indonesia. Pada tangaal 10 November 1980, perusahaan memperoleh ijin dari Badan Pengawas Pasar Modal (BAPEPAM) untuk menawarkan sebagian dari saham-sahamnya kepada masyarakat melalui Bursa Efek di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sampai sejauh mana peranan strategi promosi dapat meningkatkan volume penjualan pada PT. Goodyear Indonesia. Dalam memasarkan produknya. Perusahaan melaksanakan kegiatan promosi yana terdiri dari periklanan. Promosi penjualan, penjualan perseorangan dan publisitas. Dari keempat variabel promosi tersebut perusahaan lebih menekankan pada periklanan dengan alasan periklanan merupakan media yang mudah dan cepat untuk sampai ke konsumen. Berdasarkan analisa yang telah penulis lakukan. diperoleh kesimpulan bahwa kegiatan promosi yang dilakukan perusahaan sangat efektif dan efisien dalam meningkatkan volume penjualan. Dari perhitungan koefisien korelasi dapat dinyatakan bahwa hubungan antara kegiatan promosi yang dilaksanakan oleh perusahaan dengan penjualan adalah kuat dan positif. yang berarti setiap pertambahan biaya promosi akan meningkatkan volume penjualan. Berdasarkan perhitungan analisa regresi penulis mendapatkan persamaan regresinya adalah Y = 0.0495 + 19,995 X, hal ini menunjukkan bahwa kegiatan promosi yang dilakukan oleh PT. Goodyear Indonesia sangat berpengaruh terhadap hasil penjualannya. Dalam menjalankan kegiatan usahanya PT. Goodyear Indonesia menghadapi permasalahan-permasalahan antara lain yaitu: masalah persaingan dan masalah pemasaran serta penjualan. Dalam hal ini penulis menyarankan bahwa sebaiknya perusahaan dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat hendaknya mengambil langkah-langkah yang tepat, di antaranya perusahaan harus bisa meningkatkan daya saing produknya di pasaran. baik di dalam maupun di luar negeri. Untuk itu yang harus ditingkatkan adalah segi efisiensi, produktivitas, kualitas, desain, dan harga ban. |