Anda belum login :: 22 Nov 2024 18:53 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
KESULITAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS DIGITAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID-19
Bibliografi
Author:
Pradipta, Nicodemus Valerian
;
Budhayanti, Clara Ika Sari
(Advisor)
Topik:
Kata-kata kunci: Kesulitan Guru
;
Media
;
Aplikasi Tatap Maya.
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2021
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
201703550009_Nicodemus Valerian Pradipta_Lembar Administrasi .pdf
(759.52KB;
4 download
)
Nicodemus Valerian Pradipta_Undergraduate Thesis_2021(fix)_organized (1).pdf
(895.27KB;
14 download
)
Abstract
Guru adalah perantara bagi siswa untuk memahami ilmu yang diberikan sekaligus menarik minat mereka untuk belajar. Ketidakmampuan dalam melakukan kedua hal tersebut akan menyebabkan siswa menjadi kesulitan dalam belajar. Guru perlu menemukan inovasi untuk kembali menarik minat siswa sehingga terbentuk keinginan mempelajari dan memahami materi. Salah satu bentuk inovasi tersebut adalah dengan penggunaan media digital. Namun nyatanya, masih banyak guru yang tidak memahami pentingnya penggunaan media dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menemukan solusi untuk mengurangi hambatan yang dialami oleh guru SD pada pembelajaran di masa pandemi. Melalui identifikasi faktor-faktor kesulitan yang dihadapi oleh guru yang mengacu pada dua aspek yaitu mengetahui media digital yang digunakan dan kesulitan dalam menggunakan media digital tersebut. Penelitian menggunakan metode kualitatif yang berarti teknik pengolahan data ialah berupa kata-kata. Teknik pengumpulan dilakukan dengan wawancara sehingga peneliti dapat menggali informasi lebih dalam secara rinci kesulitan yang dihadapi para guru. Diperlukan teknik observasi untuk membuktikan data lapangan agar sesuai dengan kriteria yang peneliti inginkan. Objek dalam penelitian ini adalah sebelas Guru yang bekerja di kelas III tingkat SD di Tangerang Selatan. Hasil yang ditemukan dari penelitian ini adalah ditemukannya hambatan-hambatan dalam pembelajaran yang dialami yaitu masalah jaringan dan kurangnya interaksi sehingga guru sulit mengawasi murid yang belum paham dengan materinya.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)