Anda belum login :: 22 Nov 2024 23:15 WIB
Detail
BukuDAMPAK SOSIAL METODE PEMBELAJARAN PEER ASSISTED LEARNING FKIK UNIKA ATMA JAYA
Bibliografi
Author: Kusuma, Hendrawan Chandra ; Rukmini, Elisabeth (Advisor); Sidharta, Veronika Maria (Advisor)
Topik: Kata Kunci : peer assisted learning; medical education; peer tutoring; dampak sosial
Bahasa: (ID )    Edisi: 1    
Penerbit: Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta Utara    Tahun Terbit: 2021    
Jenis: Theses - Karya Tulis Ilmiah Kedokteran (KTI-FK) - Registration of Karya Tulis Ilmiah Kedokteran
Fulltext:
Abstract
Latar Belakang : Mahasiswa generasi Z memiliki keinginan untuk berdampak bagi sosial dan metode Peer Assisted Learning (PAL) dapat digunakan mahasiswa sebagai wadah untuk dapat berdampak sosial. PAL mengacu pada metode pembelajaran dengan diskusi aktif dan kolaboratif dalam suatu kelompok kecil dengan mahasiswa yang berperan sebagai fasilitator (tutor) dan pelajar (tutee). Kesempatan untuk mengajar merupakan keungulan metode PAL, dari aspek akademis dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengukur dampak sosial dari metode pembelajaran PAL di FKIK Atma Jaya.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Responden merupakan seluruh peer tutor dan tutee dari metode pembelajaran PAL periode 2019-2020 semester ganjil. Data kualitatif diperoleh dengan wawancara dan Focus Group Discussion, data tersebut dianalisis secara content analysis untuk mendapatkan gambaran mendalam. Data kuantitatif diperoleh menggunakan Kuisioner Intensi dan Instrumen Personal Growth Initiative Scale untuk mengukur dampak sosial.
Hasil Penelitian : PT dan tutee merasa bahwa metode PAL dapat membantu tutee untuk beradaptasi dengan lingkungan perkuliahan baru, PT dapat membantu tutee dengan berbagi ilmu dan pengalaman selama masa perkuliahan. PAL memberikan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan, kondusif dan interaktif bagi PT dan tutee. Lingkungan pembelajaran yang interaktif ini dapat memacu mahasiswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. PT merasakan peningkatan dalam penguasaan materi dan kemampuan untuk presentasi dan komunikasi. Tutee merasakan dampak dari metode PAL; pada peningkatan kualitas pembelajaran dan peningkatan jejaring. Beberapa tutee menganggap PT mereka sebagai role model mahasiswa di dalam perkuliahan. Hasil dari Kuisioner Intensi menyatakan bahwa dosen, PT dan teman sebaya merupakan norma subjektif yang mempengaruhi intensi PT dan tutee untuk mengikuti metode PAL. Personal Growth Initiative Scale menilai tingkat kesadaran responden untuk berkembang menjadi individu yang lebih baik, kelompok mahasiswa tutee mendapat rata-rata skor yang lebih tinggi secara signifikan dibandingkan kelompok mahasiswa PT dan Non-PAL pada pengambilan data pertama.
Kesimpulan : Penelitian ini menemukan bahwa metode pembelajaran PAL memberikan dampak sosial yang positif bagi PT dan tutee. Metode PAL mendorong PT dan tutee untuk berkembang secara akademis, individu dan sosial.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)