Semakin berkembangnya jaman industri jasa semakin diminati oleh orang-orang sehingga membuat persaingan dan jumlah kompetitor meningkat dengan pesat. Karena itu penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kinerja serta kepuasan pelanggan saat ini pada Rumah Makan Megaria 10. Penelitian ini didukung dengan menggunakan metode Service Quality, Importance Performance Analysis, dan Quality Function Deployment sehingga akan didapatkan atribut-atribut yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kualitas Rumah Makan Megaria 10. Dari hasil metode didapatkan atribut yang perlu diperbaiki ada 4 yaitu kebersihan fasilitas (toilet, tempat cuci tangan, dll), kejelasan pada menu, kecepatan dan kesigapan karyawan/pelayan dalam mengatasi keluhan dari pelanggan, dan karyawan/pelayan kurang sigap dalam memberikan pelayanan. Usulan yang didapatkan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD) yang bisa diberikan kepada rumah makan adalah menambah karyawan dan memberikan pelatihan oleh pemiliknya secara langsung, diberikan pelatihan untuk menanggapi keluhan, diberikan sistem reward untuk memotivasi, dilakukan pengaturan jadwal secara rutin dan teratur, daftar makanan dirombak ulang, memberikan SOP kepada pelayan di rumah makan, dan memperbaiki layout rumah makan. |