Anda belum login :: 23 Nov 2024 21:24 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
DESAIN KEMASAN PRODUK RENGGINANG MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING (Studi Kasus : Dusun Ponggang, Kecamatan Serangpanjang, Kabupaten Subang, Jawa Barat)
Bibliografi
Author:
Purba, Josua Agusman
;
Widawati, Enny
(Advisor)
Topik:
Rengginang
;
Kansei Engineering
;
Kansei Word
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2021
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Josua Agusman Purba_Undergraduated Theses_2021.pdf
(2.83MB;
7 download
)
201704530066_Josua Agusman Purba_ Lembar Administrasi.pdf
(380.31KB;
3 download
)
Abstract
Salah satu produksi jajanan adalah jajanan rengginang yang diproduksi oleh home industry di Desa Ponggang. Rengginang merupakan produk jajanan khas yang diterima dengan baik oleh masyarakat. Namun, pasar Rengginang masih menyempit, sehingga diperlukan tidak hanya menjaga kualitas produk, tetapi juga meningkatkan daya beli produk. Penelitian ini menggunakan konsep Kansei Engineering untuk menangkap kansei word yang mewakili permintaan konsumen terhadap kemasan rengginang, dan menggunakan analisis conjoint untuk menentukan kombinasi elemen desain dan kansei word. Dari hasil pengolahan data didapatkan 11 kansei word yang mewakili keinginan konsumen yaitu menarik, sederhana, kecil, bersih, aman, lokal, khas, unik, ringan, transparan, mudah disimpan, dan rapat. Lalu kansei words tersebut dilakukan pengujian lebih lanjut dengan menentukan item dan kategori untuk merancang desain kemasan rengginang. Didapatkan 3 kategori yaitu kategori warna dengan item polos dan colorfull, kategoru bahan dengan item plastik dan alufoil putih dan kategori gambar dengan ada gambar dan tulisan sebahai ilustrasi kemasan sehingga didapatkan hasil olah data menggunakan analisis conjoint dimana kemasan yang akan didesain dengan spesifikasi warna colorfull, bahan dari alufoil putih dan tulisan sebagai ilustrasi kemasan. Faktor terpenting kemasan yang diinginkan oleh konsumen adalah faktor bahan dengan persentase sebesar 60.207%, faktor warna dengan persentase 25.238% dan faktor gambar dengan persentase sebesar 14.555%. Sehingga kesimpulan yang dapat ditarik adalah desain kemasan yang menarik bagi konsumen secara berurutan adalah elemen desain bahan, warna dan gambar.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)