Keberadaan teknologi saat ini menjadi peran utama dalam kehidupan banyak masyarakat. Salah satunya dimanfaatkan pada bidang pendidikan. Untuk itulah diperlukan adanya media pembelajaran dalam pemanfaatan teknologi yang dapat digunakan siswa dalam proses belajar. Media pembelajaran itu sendiri adalah sumber yang digunakan untuk menyampaikan pembelajaran untuk mencapai suatu tujuan yang sudah ditetapkan. Media quizizz menjadi salah satu yang digunakan dalam penelitian untuk mengetahui efektivitas media quizizz terhadap hasil belajar matematika kelas IV. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDS Stella Maris Teluk Gong, yaitu kelas IV A sebagai kelas kontrol dan kelas IV B siswa sebagai kelas eksperimen dengan masing- masing 18 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan bentuk true experimental design yaitu pretest-postest control group design. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen yang menggunakan media quizizz. Terdapat perbedaan selisih nilai rata-rata postes kelas eksperimen yaitu sebesar 3,14. Pada hasil uji N-gain untuk mengetahui efektivitas media didapatkan 62,75 dalam kategori cukup efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa pada penggunaan media quizizz dikatakan cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematikasiswa kelas IV pada pembelajaran jarak jauh. |