Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan tanpa melakukan tatap muka, tetapi melalui platform yang telah tersedia. Kegiatan dalam pembelajaran ini tidak sekedar membagikan materi melalui jaringan internet akan tetapi melibatkan interaksi antara siswa dengan guru sebagai fasilitator atau pengajar tentunya dengan dilengkapi oleh metode dan materi pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring di SDS SantoYakobus, Kelapa Gading khususnya pada kelas III A, III B dan III C. Jenis Penelitian kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian yaitu kegiatan awal sudah telihat pelaksanaan pembelajaran secara keseluruhan, pada kegiatan inti terdapat tiga proses pembelajaran yaitu proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Yang belum terlihat dalam proses eksplorasi adalah memfasilitasi siswa melakukan percobaan kemudian pada proses elaborasi yang belum terlihat adalah memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif, memfasilitasi siswa berkompetisi, memfasilitasi siswa melakukan pameral dll. Proses konfirmasi kegiatan pembelajaran sudah terlihat secara keseluruhan. Dan kegiatan penutup secara keseluruhan pelaksanaan pembelajaran sudah terlihat. |