Anda belum login :: 23 Nov 2024 06:17 WIB
Detail
BukuPERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB MELALUI PEMBELAJARAN PPKn DI KELAS V SD BHAKTI PRIMA, TANGERANG
Bibliografi
Author: Sekarini, Ayu ; Pramudita, Wahyu (Advisor)
Topik: Peran guru; Karakter Tanggung Jawab; PPKn
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2021    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Guru berperan tidak hanya sebagai pengajar saja melainkan guru juga sangat berperan dalam pembentukan karakter siswa. Karakter merupakan ciri seseorang dan nilai-nilai dasar yang membentuk kepribadian seseorang dengan adanya pengaruh alam dan lingkungan. Sedangkan tanggung jawab merupakan sikap dan perilaku yang dimiliki seseorang dalam melaksanaan dan menyelesaikan tugas serta kewajibannya. Pembelajaran PPKn mempunyai peran penting dalam proses pengembangan watak dan karakter yang bertaggung jawab serta demokratis. Melihat dengan maraknya kasus yang terjadi dilingkungan sekitar seperti membuang sampah sembarangan, tidak mengerjakan tugas, mencontek, dan juga terjadinya keributan yang menyertakan pelajar sekolah dasar, hal-hal tersebut mengarah pada krisisnya rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri. Di Indonesia terdapat kegiatan penguatan pendidikan karakter yang bertujuan untuk membentuk dan menyiapkan siswa sebagai penerus bangsa yang baik. Dalam keberhasilan pendidikan karakter disekolah di pengaruhi oleh peran guru serta visi misi dan sarana pengembangan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam pembentukan karakter melalui pembelajaran PPKn di kelas V SD Bhakti Prima. Dalam menjalankan perannya guru berperan sebagai pendidik dan pengajar, pembimbing, pelatih, penilai serta desainer pembelajaran melalui pembelajaran PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dan metode dalam pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan wawancara, yang menjadikan subjek utama yaitu guru. Hasil dari penelitian ini guru menjalankan perannya sebagai pendidik dan pengajar, pembimbing, pelatih, penilai, serta menjadi desainer pembelajaran agar kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik. Dalam pembentukan karakter tanggung jawab guru terjadi dengan adanya aktivitas yang diberikan oleh guru dalam pembelajaran dan juga pemberian tugas serta motivasi kepada siswa, serta pembiasaan yang diberikan kepada siswa dalam pembelajaran untuk pembentukan karakter tanggung jawab.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)